Serba-serbi Bisnis VTube, Apakah Penipuan Atau Legit?

Mempelajari Bisnis VTube Lebih Dalam

Belakangan ini, sudah banyak berbagai macam peluang usaha dan bisnis yang bisa dicoba untuk menambah pundi-pundi uang. Namun, ada satu bisnis yang sedang naik daun akhir-akhir ini, yaitu bisnis VTube.

Jika diperhatikan beberapa bulan belakangan ini, jagad sosial media seperti Facebook dan Youtube pun sudah terisi oleh orang-orang yang mempromosikan peluang bisnis yang bernama Vtube ini.

Bisa diperkirakan, orang-orang yang membagikan tautan dan promosi VTube tersebut adalah membernya.

Mereka (member VTube) sedang berusaha merekrut anggota baru sebanyak-banyaknya untuk menambah poin.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita membahas terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan bisnis yang diberi nama VTube ini.

Bisnis VTube adalah sebuah bisnis yang masuk ke dalam kategori periklanan. Periklanan disini adalah dengan konsep menonton video untuk mendapat uang.

Konsep dan cara kerja tersebut pun diklaim mampu memberikan penghasilan bagi penggunanya.

Sebagai gambaran, untuk mengetahui cara kerja dan apa saja keuntungan mengikuti bisnis VTube ini Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Peluang Usaha untuk Іbu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

A. Penawaran Bisnis Vtube

Penawaran bisnis vtube

Aplikasi VTube sendiri merupakan aplikasi rintisan yang baru dirilis tahun ini. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, VTube ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan penghasilan hanya dengan menonton video dan iklan yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung bersama bisnis VTube ini. Untuk bergabung ke dalam bisnis ini Anda bahkan tidak dipungut biaya, alias gratis.

Anda pun bisa menjalankan berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis ini. Bisa dengan mengumpulkan poin, mengajak orang hingga bergabung dalam sebuah tim.

B. Bagaimana Cara Kerja Bisinis VTube?

Cara kerja bisnis vtube

Cara kerjanya sangat sederhana. Pengguna hanya perlu menonton video di VTube selama setidaknya 5 menit atau 5 video iklan setiap harinya.

Menonton video ini harus dilakukan setiap hari selama 40 hari berturut-turut tanpa ada hari yang terlewat.

Ketika menonton video di VTube, setiap 5 video iklan yang Anda tonton, Anda akan mendapatkan poin sebesar 0.3. Sementara itu, Anda harus menonton video selama 40 hari berturut-turut.

Dari hitungan ini, selama 40 hari Anda menonton video di VTube ini, Anda akan mendapatkan setidaknya 12 poin. Nah, setiap 1 poin yang Anda dapatkan ini bernilai sama dengan 1USD.

Jadi, dalam 40 hari, Anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar 12USD di akun Anda.

Penghasilan sebesar 12USD dalam 40 hari itu masih kurang?

Anda tak perlu khawatir, karena dari penghasilan tersebut, Anda akan diberi pilihan untuk membeli berbagai paket bintang yang disediakan oleh VTube dengan berbagai keunggulan.

Semakin tinggi paket bintang yang Anda beli, maka semakin besar pula potensi pendapatan yang Anda dapatkan.

Setelah 40 hari berikutnya dan Anda sudah menerima penghasilan dari VTube, Anda tetap diwajibkan untuk membeli paket bintang lagi.

Baca juga: 13+ Contoh Usaha Kecil Kecilan yang Menjanjikan untuk Anda

Tak hanya dari paket bintang, potensi keuntungan atau penghasilan yang akan Anda dapatkan juga bisa berasal dari program referral.

Sistem kerja program ini adalah dengan memberikan Anda komisi tambahan apabila Anda bisa mengajak orang lain untuk menjadi member baru dari VTube.

Secara garis besar, seperti itulah cara kerja bisnis VTube yang bisa memberikan Anda penghasilan tambahan hanya dengan cara menonton video di aplikasi rintisan ini.

Sedangkan untuk penarikan uang, akan ada mekanisme sendiri yang diterapkan yang bernama mekanisme ‘Experience’.

Mengumpulkan poin di VTube juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Nah, poin yang Anda dapatkan dari aplikasi ini juga beragam jenisnya.

Berikut adalah jenis-jenis poin yang bisa Anda dapatkan dari bisnis VTube ini.

1. Personal Poin

Jenis poin pertama yang bisa Anda dapatkan dari VTube adalah personal poin. Poin personal ini adalah poin yang akan Anda dapatkan setiap Anda menjalankan misi menonton video dari VTube.

Poin yang bisa dihasilkan pun beragam tergantung pada Bintang yang Anda miliki. Hasil yang bisa didapatkan pun sangat beragam, mulai dari 200 ribu per bulan hingga 7 juta rupiah per bulan.

Bahkan jika Anda konsisten menjalankan misi yang diberikan, bisa menghasilkan hingga 40 juta per bulan.

2. Referral Poin

Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, selain mendapatkan poin dari menonton video, ada pula program referral yang juga bisa memberikan Anda tambahan poin.

Referral poin ini adalah jenis poin yang bisa Anda dapatkan dari hasil Anda mengundang orang lain untuk menggunakan VTube. Anda akan mendapatkan komisi untuk hal tersebut.

Maka dari itu, semakin banyak orang yang Anda undang, maka semakin besar pula komisi yang bisa Anda dapatkan.

3. Group Poin

Jenis poin selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari VTube adalah Group Poin. Jenis poin ini bisa Anda dapatkan jika Anda bisa membangun sebuah tim di dalam VTube.

Pada kategori group poin ini terdapat beberapa tingkatan berbeda, yaitu ada bronze, silver hingga diamond.

Jika Anda bisa terus naik level, maka poin yang bisa Anda dapatkan pun semakin besar.

Jika Anda sudah mengumpulkan cukup banyak poin, Anda bisa menukarkan dan mencairkannya menjadi uang yang akan ditransfer ke rekening Anda. Dalam satu hari, Anda bisa melakukan penarikan sebanyak 2000 poin.

C. Kegunaan View Point (VP)

Kegunaan view point

Saat Anda sudah mulai menggunakan VTube, Anda akan menemukan istilah View Point (VP). View Point ini adalah poin yang Anda dapatkan dari menjalankan misi-misi gratis yang disediakan oleh VTube.

View Point inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli bintang dan sekaligus bisa memberikan Anda penghasilan dari bisnis VTube ini.

Lalu apa saja sebenarnya kegunaan dari View Point (VP) ini?

1. Untuk Membeli Misi Berikutnya

Jika Anda adalah seorang pengguna baru, View Point ini bisa Anda dapatkan dengan menyelesaikan misi gratis. Dari misi gratis tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan beberapa view point.

Setelah mendapatkan view point yang cukup, Anda bisa menggunakannya untuk membeli atau menukarkan dengan misi selanjutnya.

Anda bisa menukarkan VP yang Anda dapatkan tersebut dengan bintang untuk bisa menjalankan misi selanjutnya.

Semakin banyak VP yang Anda tukarkan menjadi misi, maka semakin banyak pula penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

2. Untuk Mempromosikan Iklan

Dasar dari bisnis VTube ini sebenarnya adalah berbasis iklan layaknya platform iklan lainnya.

Nah, kalau Anda mempunyai bisnis yang butuh dipromosikan, Anda bisa menggunakan VTube sebagai salah satu platform untuk mengenalkan bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

Nah, untuk bisa mempromosikan bisnis atau produk Anda di VTube, Anda harus punya View Point (VP). VP ini berfungsi sebagai biaya layanan yang harus Anda bayarkan untuk melakukan promosi.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara lain Anda mendapatkan penghasilan. Jika Anda memiliki VP dalam jumlah yang cukup banyak, Anda bisa menjualnya ke perusahaan atau pihak yang membutuhkan VP untuk kebutuhan promosi bisnisnya.

Anda bisa menjualnya dengan harga kurang lebih Rp 15.600 untuk setiap 1 VP. Jadi bisa Anda hitung sendiri berapa banyak yang bisa Anda dapatkan dari menjual VP ini.

D. Hal yang Menjadi Perhatian dari Bisnis VTube

Sorotan untuk bisnis vtube

Konsep yang ditawarkan tersebut menjadi daya tarik para membernya karena sistem kerjanya hanya menonton video saja. Namun, apakah benar semudah itu?

Kendati VTube sistem kerjanya mirip dengan bisnis Memiles, tetapi ada perbedaan yang signifikan dari keduanya.

Apabila Memiles mewajibkan calon anggotanya membayar sejumlah uang untuk bergabung dengan bisnis mereka, ternyata VTube tidak membebankan biaya kepada siapa saja yang ingin menjadi anggotanya.

Sebagai informasi, bisnis Memiles adalah sebuah program investasi yang masuk ke dalam kategori penipuan.

Dikutip dari Liputan 6, Memiles terindikasi sebagai sebuah program investasi bodong yang memberikan iming-iming keuntungan yang tidak masuk akal kepada anggotanya.

Lantas, bagaimana dengan VTube?

Hal-hal yang Harus Menjadi Perhatian dalam Bisnis VTube

1. Sistem Kerja dari Sebuah Bisnis Periklanan

Sebuah bisnis atau usaha periklanan biasanya harus memberikan timbal balik berupa keuntungan dari pihak penyedia jasa iklan dan pihak pengiklan.

Biasanya seorang produsen atau penjual produk yang ingin membuat produk mereka dikenal masyarakat luas akan menggunakan iklan sebagai media publikasi.

Namun demikian, tujuan para produsen dan penjual produk tersebut sebenarnya bukan hanya ingin produk mereka terkenal.

Sudah umum apabila mereka pasti ingin produk mereka laku terjual di masyarakat luas dan dengan adanya periklanan, mereka ingin mendapat keuntungan dari penjualan tersebut.

Maka dari itu, beberapa penyedia jasa periklanan pun sekuat tenaga ingin mewujudkan keinginan para pengguna jasa mereka dan mengarahkan konsumen untuk menjadi penasaran dengan produk tersebut.

Akan tetapi, di bisnis periklanan VTube ini tidak demikian.

Bisnis periklanan yang dijalankan oleh VTube ini sepertinya tidak menjalankan pola bisnis yang saling menguntungkan antara penyedian jasa iklan dan si pengiklan sendiri.

VTube membayar para membernya hanya dengan menonton video yang berisi iklan.

Dan jika sumber uang bayaran untuk member itu berasal dari pihak penyewa jasa iklan, yang mana di sini adalah produsen dan penjual produk, maka kecil kemungkinannya produk mereka akan terjual.

Pasalnya yang dilakukan oleh para member tersebut hanyalah menonton video saja. Artinya, apabila tidak ada calon pembeli potensial untuk para penyewa jasa iklan, maka tak ada timbal balik berupa keuntungan yang dijelaskan di atas.

2. Sumber Pembayaran VTube untuk Membernya

Kendati VTube mempersilakan para calon membernya untuk bergabung secara cuma-cuma tanpa memungut biaya, tetapi ternyata tetap ada fitur berbayarnya.

Fitur berbayar tersebut ditujukan kepada para member yang ingin mendapatkan penghasilan lebih besar lagi dari aplikasinya.

Secara garis besar, apabila member ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi, maka mereka disarankan untuk membeli paket Bintang.

Semakin mahal paket Bintang yang dibeli oleh member, maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Namun demikian, bagi para pencari gratisan atau pun bagi member yang enggan untuk merogoh kocek lebih dalam, VTube menyediakan paket termurah yang diberi nama paket Bintang 1.

Paket Bintang 1 tersebut dibanderol seharga 10 VP. Sedangkan, untuk 1 VP dibanderol seharga 15 USD.

Jika, kurs USD di Indonesia adalah Rp 15.600 untuk 1 USD nya, maka untuk membeli paket Bintang 1, member harus mengeluarkan uang sebesar Rp 156.000.

Dan setelah 40 hari, paket tersebut diharuskan untuk diperbarui lagi. Artinya Anda disarankan untuk membeli lagi paket Bintang itu.

Untuk lebih jelasnya, silakan melihat tabel di bawah ini:

Tabel Harga

 

3. Persyaratan Bergabung dengan Bisnis VTube

Untuk pendaftaran pertama kali, calon member tidak dikenakan biaya apapun saat mendaftar VTube seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Namun jika ingin menjajal trend bisnis online ini, VTube mewajibkan calon membernya untuk mengunggah foto KTP saat melakukan registrasi.

Beberapa waktu yang lalu, VTube juga sempat mewajibkan calon membernya untuk mengunggah foto selfie dengan KTP.

Akan tetapi, kabarnya sekarang kebijakannya sudah berubah dan tidak perlu lagi mengunggah foto selfie dengan KTP.

E. Kesimpulan – Apakah Bisnis VTube Penipuan?

YouTube video

Apabila di video di atas menunjukkan bahwa VTube adalah penipuan, maka kami tidak bisa mengatakan demikian.

Bukan ranah Duitsultan untuk menghakimi apakah VTube ini merupakan penipuan atau bukan.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada vonis resmi dari pengadilan yang mengatakan bahwa trend bisnis online ini adalah penipuan atau bukan.

Segala sesuatu yang belum ada vonis resmi dari pengadilan memang sepatutnya diberlakukan asas praduga tak bersalah.

Namun, ada baiknya jika Anda merasa waspada akan segala hal yang baru. Apalagi soal trend bisnis online yang sedang berkembang ini.

Waspada bukan berarti tidak boleh bergabung ya. Anda ingin bergabung dengan VTube atau tidak itu adalah hak Anda.

Sebagai tambahan informasi, VTube pun memiliki alamat kantor resmi di Indonesia yaitu di Gedung Kinanti Building Lantai 2, Jalan Epicentrum Tengah No. 3, Kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI Jakarta dengan kode pos 62090.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang bisnis VTube yang sedang banyak diminati saat ini. Semua keputusan ada di tangan Anda, apakah Anda ingin bergabung atau tidak. Kami hanya memberikan informasi saja.

Apabila ada pertanyaan seputar bisnis online yang menjanjikan, beritahukan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Jika Anda mencari ide baru untuk berbisnis, silakan mengunjungi Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dengan 25 Contohnya.

close