Naik Haji untuk Orang Tua Bisa Terlaksana dengan 5 Tips Ini

Biaya Naik Haji

Naik haji adalah sebuah hal yang diidamkan oleh para umat Islam di berbagai penjuru dunia. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang berada di urutan kelima. Apabila seorang muslim sudah melaksanakan haji, maka orang tersebut sudah menjalankan rukun Islam terakhir tersebut. Dan apabila orang tersebut sudah taat dan menjalankan empat rukun Islam lainnya, maka orang muslim itu sudah menjalankan seluruh rukun Islam.

Bagi Anda yang memiliki orang tua yang tidak belum naik haji, tentu akan menjadi beban. Maka dari itu, sebaiknya sebagai seorang anak, berusaha untuk membuat orang tua naik haji adalah hal yang wajib. Tetapi, bukan hal yang mudah untuk dapat memberangkatkan haji orang tua. Biaya naik haji juga saat ini bukan merupakan hal yang murah. Dengan kata lain, biaya untuk pergi haji cukup besar dan sering meningkat setiap tahun.

Jika demikian, lalu bagaimana Anda bisa mengirim haji orang tua? Demi membahagiakan orang tua dan melaksanakan perintah Rasul tentang berbakti kepada orang tua, selalu ada jalan yang bisa diraih bagi setiap umat muslim yang berusaha. Selain biaya naik haji yang besar, kesanggupan fisik dari orang tua pun musti diperhatikan. Berikut adalah tips bagi Anda yang ingin memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci Mekah.

Tips untuk Memberangkatkan Orang Tua ke Tanah Suci Mekah

Cara Membuat Orang Tua Naik Haji

Jika dalam sebuah obrolan ringan, orang tua sudah mulai membicarakan soal mimpi naik haji mereka, maka hal tersebut bisa dipandang sebagai sebuah panggilan. Allah SWT memang memiliki cara tersendiri untuk memanggil hambanya untuk berkunjung ke Tanah Suci Mekah. Sebagai seorang anak, kita pun wajib mendukung dan berusaha untuk mewujudkannya.

Maka dari itu, penting bagi diri kita untuk mempersiapkan segala sesuatu tentang memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci Mekah. Persiapan yang kita lakukan itu pun sebaiknya dilakukan dengan benar pula agar hasil dan manfaatnya bisa terasa di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam mempersiapkan keberangkatan orang tua ke Tanah Suci Mekah untuk menunaikan ibadah Haji.

Membuka Tabungan Haji

Cara Bikin Orang Tua Naik Haji

Pertama, cara mendapatkan haji orang tua adalah dengan membuka rekening tabungan haji. Dengan membuka rekening tabungan khusus untuk haji ini, Anda dapat lebih fokus pada pengumpulan dana yang digunakan untuk mengirim orang tua untuk berhaji. Tabungan haji memang dirancang untuk siapa saja yang ingin pergi haji. Ketika tabungan Anda dianggap cukup, Anda akan bisa mendapatkan kursi untuk kuota haji.

Selain itu, dengan membuka tabungan haji ini Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lain seperti asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan. Dengan fasilitas ini Anda tentu akan lebih aman dan nyaman untuk dapat mengumpulkan dana untuk berhaji bagi kedua orang tua. Dilansir dari situs CNBC, biaya naik haji di Indonesia sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu sebesar Rp 35,23 juta. Jika Anda belum punya uang, menabung adalah jalan utamanya.

Konsisten dalam Menyimpan

Cara Agar Orang Tua ke Tanah Suci Mekah

Setelah membuka rekening tabungan haji, langkah berikutnya yang perlu Anda ambil untuk dapat memberangkatkan haji orang tua adalah dengan menabung secara konsisten. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa untuk bisa mendapatkan jatah kursi atau kuota haji, maka Anda diharuskan memenuhi jumlah yang ditentukan atau penghematan nominal.

Karena itu untuk bisa mendapatkan jumlah tabungan yang cukup untuk mendapatkan kursi atau kuota haji dengan segera, maka Anda harus rajin menabung. Pastikan Anda dapat menyisihkan penghasilan untuk tabungan haji ini setiap bulan. Dengan rajin atau konsisten menabung, Anda akan lebih mungkin untuk dapat dengan cepat meninggalkan haji orang tua.

Apabila Anda ingin mengetahui beberapa tips menabung uang untuk biaya naik haji orang tua Anda, sebelumnya kami sudah pernah menyajikan cara menabung uang yang baik dan benar. Berikut adalah tautan yang bisa Anda ikuti untuk membaca tips cara menabung uang secara tepat.

Baca juga: Cara Menabung Uang yang Benar dan Bisa Berlipat Ganda

Usaha Patungan dengan Anggota Keluarga Lainnya

Membuat Orang Tua ke Tanah Suci Mekah

Selanjutnya, cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengirimkan haji orang tua adalah dengan menjalankan usaha patungan dengan anggota keluarga lainnya. Jika Anda keberatan atas biaya Anda sendiri untuk mengirim orang tua, maka Anda dapat mengundang anggota keluarga lainnya untuk saling membantu. Saling membantu dalam hal kebaikan juga merupakan salah satu anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

Untuk menjalankan cara ini, Anda perlu mengundang anggota keluarga lain untuk berdiskusi. Jika memang mereka setuju, maka Anda dapat melanjutkan metode ini dengan menentukan jumlah biaya bulanan untuk setiap anggota keluarga yang dapat dihemat untuk tabungan haji orang tua. Melalui patungan dengan untuk mengumpulkan dana haji bagi orang tua, maka biayanya akan terasa ringan.

Mencari Penghasilan Tambahan

Memberangkatkan Orang Tua ke Tanah Suci Mekah

Jika memang tidak ada bantuan dari anggota keluarga yang bisa diundang ke perusahaan patungan, maka Anda memang harus bertarung sendirian. Tapi jangan khawatir, Anda yang memiliki niat baik untuk mengirim haji ke orang tua akan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Untuk itu, karena Anda harus membayar lebih untuk menabung tabungan haji orang tua Anda, maka Anda harus mencari penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan ini bisa Anda dapatkan dengan beberapa cara seperti bekerja lembur, mencari pekerjaan sampingan, berbisnis, atau mencari pekerjaan lepas. Dengan mendapatkan penghasilan tambahan, Anda akan bisa mendapatkan dana tabungan haji untuk orang tua setiap bulan. Dan jika tabungan Anda semakin terisi, maka waktu untuk mendaftarkan orang tua naik haji sudah semakin dekat.

Menerapkan Gaya Hidup Hemat

biaya naik haji

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk dapat membuat orang tua Anda naik haji adalah dengan berhemat. Dengan semakin banyak kebutuhan dan pengeluaran serta penghasilan yang mantap, maka mau tidak mau Anda harus berhemat. Ini adalah cara dan solusi yang bisa Anda jalankan jika Anda tidak mencari penghasilan tambahan dan juga tidak bisa mendapatkan dana bersama dari anggota keluarga.

Dengan gaya hidup yang hemat, Anda akan bisa mendapatkan dana untuk digunakan untuk menghemat tabungan haji orang tua. Sekalipun Anda harus berhemat, tetapi dengan tujuan mengirim orang tua Anda, Anda akan bisa mendapatkan berkah dan cara tak terduga lainnya untuk mendapatkan biaya ini. Selain itu, Anda juga sudah mengikuti anjuran Rasul dengan tidak hidup secara boros.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai tips dan cara untuk mewujudkan keinginan orang tua naik haji. Sebagai kesimpulan, Anda perlu mengetahui biaya naik haji untuk orang tua Anda, setelah itu Anda bisa mencoba tips dan trik di atas. Apabila Anda merasa ada tips yang masih belum jelas, Anda bisa memberitahukan kepada kami melalui kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini. Simak juga ulasan menarik dari Duit Sultan lainnya ya.

close