Tips Memutar Modal: Pakai Cara Simpel Ini Agar Untung

Tips memutar modal duitsultan.com

DUITSULTAN.COM – Berbagai cara sudah dilakukan oleh para pelaku usaha untuk membuat bisnis mereka lebih menguntungkan, salah satunya adalah dengan mencari tips memutar modal agar untung.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa dalam menjalankan bisnis tentu Anda akan dihadapkan dengan masalah. Salah satunya adalah masalah dana. Tidak semua orang beruntung dapat menggunakan dana pribadi untuk menjalankan bisnis. Untuk alasan ini, biasanya pemilik bisnis akan menggunakan pinjaman bank sebagai sumber modal dalam menjalankan bisnis mereka.

Baca juga: Tips Menyimpan Uang: 5 Langkah Mempertahankan Tabungan

Tetapi bahkan setelah meminjam dari bank, kadang-kadang ini tidak cukup untuk membuat bisnis yang lebih baik. Bahkan ada bisnis yang harus tutup meski memiliki modal cukup. Nah, masalahnya di sini adalah ketidakmampuan perusahaan untuk memutar modal bisnis. Mari kita lihat beberapa tips memutar modal bisnis agar untung yang dilansir dari bisnis.com berikut ini:

 

Tips memutar modal

 

1. Buat Catatan Keuangan

Untuk dapat mengelola modal dengan baik, maka Anda harus memiliki catatan keuangan yang teratur dan akurat. Semua pengeluaran dan pendapatan dalam bisnis harus dicatat agar Anda dapat dengan mudah memantau masuk dan keluarnya uang. Catatan keuangan yang harus dimiliki oleh perusahaan mulai dari jurnal, buku besar hingga laporan keuangan. Semua catatan ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah lho.

2. Gunakan Dana Pinjaman dengan Tepat

Beberapa orang membuat kesalahan dengan menggunakan dana pinjaman secara tidak benar. Ketika Anda meminjam dana dari bank, tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan atau menjalankan bisnis, bukan? Nah, untuk itu Anda harus menggunakan dana ini dengan baik. Hindari menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, terutama kebutuhan pribadi Anda.

Disadari atau tidak, penggunaan dana pinjaman yang digunakan secara tidak tepat akan menimbulkan masalah bagi perusahaan di masa depan. Anda juga harus ingat bahwa Anda harus membayar kembali dana pinjaman ini secara bertahap setiap bulan. Jadi jangan melemahkan pengawasan Anda.

Baca juga: Jadi Sejahtera Nyatanya Bisa dengan 5 Hal Sepele

3. Gunakan Profit untuk Menumbuhkan Bisnis

Salah satu tujuan utama menjalankan bisnis adalah untuk mendapat untung. Beberapa orang membuat kesalahan besar dengan secara langsung mengambil hasil dari keuntungan pertama mereka untuk penggunaan pribadi. Anda harus tahu bahwa bisnis itu seperti investasi di mana Anda sebagai pemilik yang menjalankannya harus tahu apa yang bisa dilakukan dan apa yang tidak.

Menikmati manfaat pada awalnya bukanlah keputusan yang bijak. Anda harus mengambil sebagian kecil dari keuntungan untuk menikmati dan mengalokasikan sebagian besar keuntungan sebagai modal lagi. dapatkan untung yang Anda dapatkan sebelumnya sebagai modal tambahan untuk mengembangkan bisnis seperti membeli alat / mesin baru, membuka cabang, dan sebagainya. Intinya adalah menggunakan dana dari laba dan pinjaman bank untuk membuat kemajuan bisnis Anda dan tumbuh.

4. Sisihkan Dana Khusus untuk Membayar Angsuran

Mengingat Anda meminjam dana dari bank pada awalnya, maka selama proses operasional, Anda tidak boleh melupakan kewajiban yang Anda miliki. Sebisa mungkin Anda harus menyiapkan dana khusus untuk membayar angsuran. Ini penting dilakukan agar pembayaran cicilan di masa depan akan terus berjalan lancar tanpa hambatan. Selain membantu melunasi kewajiban dengan cepat, menyisihkan dana khusus juga membantu Anda tetap di jalur dengan daftar peminjam dana yang baik.

5. Jangan Terobsesi Dengan Pesaing

Dalam dunia bisnis, pesaing akan membuat Anda lebih baik atau lebih buruk. Ya, hanya ada dua pilihan dan Anda memiliki hak penuh untuk memilih opsi mana yang Anda inginkan. Padahal, pesaing atau pesaing memiliki peran vital dalam mengelola modal kerja bisnis Anda. Jika Anda hanya terpaku pada apa yang dilakukan oleh pesaing, bisnis Anda tidak akan pernah tumbuh karena Anda selalu di belakang mereka.

Untuk alasan ini, agar Anda bisa menjalankan tips memutar modal dengan baik, maka Anda harus bisa berpikir jernih dan memilih mana yang menjadi prioritas dalam menjalankan bisnis.

 

close