Tips Menabung: Punya Simpanan Meski Uang Saku Kurang dari 1 Juta

Tips Menabung dari Duit Sultan

Di usia muda, kita diajari tips menabung dengan hidup hemat. Namun, semakin dewasa, semakin sedikit kita melakukannya, bukan? Ini karena, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan kurangnya penghasilan yang sering dijadikan alasan. Jika Anda ingin mencoba dan memiliki niat yang kuat, maka tunjangan yang cukup sederhana tentu dapat disisihkan untuk ditabung. Biasanya, orang yang mengalami hal-hal seperti ini adalah siswa.

Apabila Anda saat ini sedang mencari tips menabung yang baik dan benar, maka Anda sudah berada di situs dan halaman yang tepat. Pasalnya, kami akan memberikan ulasan menarik soal cara menabung dengan uang kurang dari Rp 1 juta. Nah, bagi Anda yang memiliki uang saku kurang dari 1 juta. Ayo, Anda harus menerapkan 5 cara jitu untuk menyimpan yang berikut ini.

Baca juga: Cara Menabung Uang yang Benar dan Bisa Berlipat Ganda

5 Tips Menabung Kendati Uang Saku Terbatas

Cara Menabung Uang dengan Rekening

Untuk Menghindari Pemborosan, Buat Tabungan Terpisah

Jika Anda benar-benar ingin menabung, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat dua jenis rekening bank yang berbeda. Dengan cara ini, Anda juga akan dibantu untuk mengelola keuangan setiap bulan. Karena itu, buatlah akun tanpa kartu ATM sebagai rekening tabungan Anda. Sementara itu, rekening bank lain digunakan untuk kebutuhan bulanan.

Ketika Anda menerima uang bulanan dari orang tua, maka segera pisahkan uang yang akan digunakan untuk keperluan pertama. Kemudian, masukkan 25-30% dari uang yang Anda terima dari orangtua ke dalam rekening tabungan khusus. Dari sini, Anda akan terbiasa memprioritaskan menabung daripada membeli barang yang tidak begitu mendesak.

Menyusun Anggaran Setiap Minggu Awal

Setelah Anda memisahkan uang yang diterima dari orang tua, maka hukum wajib menentukan dan membuat anggaran setiap minggu. Dalam anggaran ini, berisi perincian kebutuhan dasar yang harus Anda keluarkan selama minggu depan. Maka, Anda bisa terhindar dari sifat boros. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail soal menata anggaran, silakan menyimak Manajemen Keuangan: 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari.

Agar Mampu Mengurangi Pengeluaran, Kemudian Mengatur Jam Makan Anda

Salah satu kebutuhan dasar manusia yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan adalah makan. Biasanya, biaya hidup terbesar selama satu bulan adalah makanan atau makanan ringan. Jika Anda bisa pandai mengelola strategi keuangan Anda, Anda sebenarnya dapat mengurangi uang pengeluaran Anda. Caranya, atur waktu makan dan pilih menu makanan sederhana sehingga Anda bisa berhemat.

Misalnya, ganti sarapan dengan susu sereal. Kemudian, Anda bisa makan siang ketika sudah sore sehingga perasaan kenyang bertahan lama. Kemudian, Anda bisa makan malam ketika sudah malam sehingga ketika pagi tiba perut tidak terlalu lapar. Selain itu, Anda juga dapat menjadwalkan maksimal 3 kali seminggu untuk makan mie instan untuk mengurangi biaya.

Bahkan, jika Anda memiliki magicom di rumah kos kemudian memasak nasi Anda sendiri dan membeli lauk pauk. Metode ini memang kelihatan pelit, tetapi dengan cara ini pengeluaran Anda akan lebih efisien dan sisa uangnya bisa digunakan untuk tabungan. Jadi, tabungan yang ada akan cepat menumpuk.

Sering-seringlah Pulang

Tips menabung selaanjutnya adalah sering pulang atau mengunjungi rumah Anda. Hal tersebut akan memberikan manfaat yaitu agar Anda terhindar dari kesenangan hidup berfoya-foya atau boros. Godaan untuk foya-foya dengan teman-teman sering terjadi, tetapi Anda tentu bisa menghindarinya. Jika rumah Anda berada tidak jauh, maka Anda dapat mengantisipasinya dengan sering kembali ke rumah.

Namun, jika rumah Anda cukup jauh, Anda dapat mengunjungi atau tinggal di rumah kerabat dekat. Selain menghindari kesenangan hidup bersama teman, di sini Anda juga bisa mendapatkan makanan gratis. Dengan cara ini, keuangan Anda akan tetap efisien bukan?

Akrablah dengan Celengan

Menyimpan uang tidak hanya dapat dilakukan dengan memisahkan uang saku dalam dua akun. Namun, Anda dapat melakukannya setiap kali Anda menemukan uang receh atau 5000 denominasi yang mungkin ditemukan di saku celana dan dompet Anda. Alih-alih mengubah dan menukar uang, letakkan saja di sebuah celengan. Misalnya menjadi toples bening yang sulit dibuka.

Tips menabung ini merupakan tips yang paling populer. Toples bening tersebut bisa berfungsi agar Anda dapat melihat berapa banyak uang yang telah dikumpulkan. Jadi, bahkan ketika Anda melihat sedikit uang, Anda akan termotivasi olehnya untuk mengisinya lagi. Setelah pengumpulan beberapa bulan, Anda dapat menyetor uang ke rekening tabungan yang telah dibuat sebelumnya.

 

Itulah ulasan Duit Sultan mengenai tips menabung yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan catatan. Jika Anda masih merasa kurang paham dengan lima tips di atas, silakan Anda mengajukan pertanyaan di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Simak juga ulasan menarik dari kami selanjutnya ya.

 

close